Mengenal SEO, SEM, SMM & SMO

Untuk sekarang ini lagi ramai orang yang membahas pengertian dan perbedaan dari SEO, SEM, SMM dan SMO. Tetapi untuk orang awam, apa sih pengertian dari SEO? SEM? SMM? & SMO?. Untuk anda yang belum mengetahui pengertian dari masing-masingnya, saya akan memberikan pengertian dari ke-4 istilah tersebut.

Apa itu SEO?

Mesin pencari Google mendefinisikan (Search Engine Optimization) SEO sebagai berikut:

“Meningkatkan pengunjung sebuah website dari mesin pencari” – Online marketing vocabulary, Belajar dengan Google.

Terlihat seperti definisi yang sangat sederhana kan? Tetapi mari saya jelaskan lebih lanjut tentang hal ini. Pada dasarnya, SEO adalah proses meningkatkan visibilitas situs Anda untuk audiens online Anda melalui mesin pencari. Dengan kata lain, metode optimasi yang membantu meningkatkan kemampuan website Anda untuk dicatatkan pada halaman pertama atau kedua dari hasil pencarian organik.

Dalam bahasa yang sederhana, Anda ingin membuat konten yang unik, segar dan berkualitas untuk pengunjung website Anda dan kemudian Anda ingin membangun link berkualitas dari situs yang relevan ke konten yang spesifik yang telah Anda buat. Tentu saja, SEO melibatkan banyak pekerjaan dan ada banyak buku yang membahas tentang hal tersebut, tetapi jika Anda tetap berpegang pada aturan dasar penulisan konten dan link building berkualitas, maka Anda mengambil langkah yang tepat untuk meningkatkan pengunjung website Anda pada hasil pencarian organik atau Anda juga bisa menggunakan jasa SEO untuk meningkatkan jumlah pengunjung website Anda.

Apa itu SEM?

Mungkin Anda sering mendengar orang-orang menggunakan istilah SEO dan SEM secara bergantian dan meskipun kedua istilah ini mungkin pernah memiliki asal & makna yang sangat dekat, tetapi sekarang ini mereka berbeda satu sama lain. Mari kita lihat bagaimana Google mendefinisikan SEM (Search Engine Marketing)

Penggunaan iklan online pada halaman hasil mesin pencari untuk membantu pengunjung menemukan website Anda. SEM sering menggunakan sistem pay-per-click (PPC), dimana si pengiklan hanya akan dikenakan biaya ketika seseorang mengklik iklan mereka (juga disebut sebagai cost-per-click, atau CPC).” – Online marketing vocabulary, Belajar dengan Google.

Seperti yang kita lihat, SEM ini lebih melibatkan iklan berbayar seperti Adwords, iklan Bing, Yahoo dan metode lain dari iklan online. Proses ini melibatkan pembuatan kampanye dan pengukuran hasil kampaye. Anda menetapkan anggaran dan berharap akan cepat mengembalikan investasi. Ini juga merupakan cara tercepat agar website Anda muncul di halaman pertama hasil mesin pencari. Hasil ini muncul sebagai iklan yang disponsori di bagian atas atau samping hasil pencarian organik.

Apa itu SMO?

Jadi sekarang kita sudah lebih memahami apa itu SEO dan SEM, tapi apakah itu SMO? SMO adalah singkatan dari Social Media Optimization. Mungkin definisi terbaik yang kami temukan untuk ini adalah melalui forum pada pembahasan SMO:

“Sosial Media Optimization meningkatkan visibilitas profil social media Anda, aktivitas jejaring sosial Anda dan konten Anda yang dipublikasikan sehingga mudah ditemukan oleh orang yang mencari informasi yang berhubungan dengan konten Anda. Sosial Media Optimization membantu mengarahkan lalu lintas ke situs Web atau blog, membuat lebih mudah bagi orang lain untuk berbagi dengan lingkaran teman mereka, membangun komunitas di sekitar brand Anda dan membantu mesin pencari mengindeks profil social media Anda, aktifitas sosial dan posting blog menjadi lebih mudah” – anonim.

Intinya disini adalah, Anda harus membangun profil online melalui jaringan media sosial sehingga Anda dapat berbagi konten yang Anda buat di website atau blog Anda. Selain itu, Anda dapat  menambahkan tombol share social media untuk memungkinkan orang lain untuk dengan mudah berbagi konten Anda.

Apa itu SMM?

Mirip dengan SEM, SMM adalah singkatan dari Social Media Marketing. Dan seperti yang Anda bisa tebak,  itu melibatkan iklan berbayar melalui jaringan media sosial. Jika Anda sudah familiar dengan iklan Facebook, maka itu merupakan SMM. Ini merupakan proses menggunakan iklan berbayar untuk memperluas jangkauan pelanggan Anda dan meningkatkan eksposur merek Anda.

Yang Tepat Bagi Anda?

Jadi setelah kita mendefinisikan persyaratan di atas dan telah mengidentifikasi bahwa jasa SEO dan SMO adalah metode yang dapat Anda terapkan sendiri sedangkan SEM dan SMM adalah metode yang membutuhkan pembayaran pada iklan dan menetapkan anggaran. Meskipun SEM dan SMM akan membuat hasil yang cepat, mereka terbatas pada ukuran anggaran Anda. SEO dan SMO adalah solusi jangka panjang, jika dilakukan dengan benar, dapat terus membawa hasil yang diinginkan untuk bisnis Anda. Jadi mana yang tepat untuk Anda? Ini semua tergantung pada tujuan bisnis Anda, tapi setidaknya sekarang Anda memahami persyaratan dan dapat membuat keputusan pada metode yang akan digunakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *